Cara Memastikan Kecocokan/Pas Tidaknya Setelan Gitar Kita

Cara Memastikan Kecocokan/Pas Tidaknya Setelan Gitar Kita


Setelah menyetel gitar pada tutorial sebelumnya Tips dan Cara Stem Gitar Untuk Pemula dengan Mudah ada baiknya kita memastikan setelan gitar kita, atau untuk sobat yang mungkin merasa suara gitarnya sudah tidak enak/fals/dsb bisa juga menggunakan artikel ini untuk referensi.

Jika sudah selesai menyetel keseluruhan tali, kita harus memastikan lagi steman kita tadi benar-benar mantab sob. Berikut beberapa tips untuk memastikan setelan gitar benar-benar ok.

Mencocokkan Nada Tali 1 dengan Tali 6

Coba sobat petik tali 1 dan 6 secara bersamaan/bergantian, jika kedua tali tersebut memiliki nada yang sama walau berbeda ketinggian nadanya berarti kedua tali ini sudah cocok. Coba sobat dendangkan atau nyanyikan dalam hati do re mi fa sol la si do. Nah seperti itulah suara tali 6 terhadap tali satu ini sob, dari Do ketemu lagi Do, hanya saja pada tingkatan nada yang berbeda tingginya. Jadi tali 6 semisal Do rendah sedangkan tali 1 Do yang lebih tinggi beberapa oktaf dari Do tali 6 tadi.

Pastikan lagi dengan mencocokkan suara tali 6 Fret 1 dengan tali 1 Fret 1, lakukan juga pada Fret 2 dan seterusnya. Jika dirasa memang benar-benar cocok berarti setelan kita pas. Jika kurang cocok putar sedikit-sedikit setelannya sob sampai cocok.

Mencocokkan Nada Tali 6 dengan Tali 4 dan Tali 5 dengan Tali 3

Hampir sama dengan cara mencocokkan senar 1 dan senar 6 tadi, kita akan mencocokan nada tali 6 yang merupakan Do rendah dengan tali 4 Fret 2 yang merupakan Do yang lebih tinggi satu oktaf. Cocokkan dan sesuaikan tali 4 Fret 2 dengan tali 6 tanpa ditekan. Jika dirasa sudah cocok sobat bisa melanjutkan lagi ke tali 4 Fret 3 dengan tali 6 Fret 1, lakukan hal yang sama untuk fret-fret berikutnya sobat hanya perlu membedakan 2 Fret antara tali 4 dan tali 6.

Untuk tali 5 dengan tali 3 juga mirip dengan tali 6 dan 4 tadi, bedanya yang kita lakukan pada tali 4 tadi kita gunakan pada tali 3 kali ini, dan yang kita lakukan pada tali 6 tadi kita lakukan pada tali 5 kali ini. Lakukan persamaan nada untuk fret-fretnya juga. Lebih mantab setelannya makin betah juga kita main gitarnya kan sob :D.

Mencocokkan Nada Tali 4 dengan Tali 2 dan Tali 3 dengan Tali 1

Lagi-lagi hampir sama dengan cara yang sebelumnya kita lakukan pada tali 6 dan tali 4, bedanya perbandingan tali 4 dan 2 adalah 3 Fret, jika sobat tidak menekan Fret tali 4 maka tekan Fret 3 tali 2 cocokkan kedua nada tali tersebut, selanjutnya tekan Fret 1 tali 4 dan cocokkan dengan Fret 4 tali 2, lakukan pada fret-fret berikutnya dengan catatan perbedaan 3 Fret.

Cara yang sama tapi pada tali yang berbeda, itulah yang kita lakukan pada tali 3 dan tali 1. Sama seperti tali 4 dan tali 2 tadi, perbedaannya hanya pada talinya.

Memainkan Melodi Sederhana

Jika ada melodi sederhana yang bisa sobat lakukan, cobalah memainkan melodi itu, jika suaranya benar-benar pas berarti setelan kita sudah pas pada senar yang kita gunakan pada melodi itu. Jika tidak ada melodi yang sobat hapal saya sarankan sobat memainkan melodi sederhana dari lagu peterpan jika sobat tahu coba lagu Kukatakan dengan Indah, atau Semua Tentang Kita.

Lagu Kukatakan dengan Indah pada intro-nya ada melodi sederhana yang bisa sobat praktekkan dengan menekan Fret 3 tali 2 dan Fret 2 tali 1 mainkan melodi ini jika suaranya sudah cocok berarti stem tali 1 dan 2 pas. Pada lagu Semua Tentang Kita di intro-nya juga ada melodi, coba sobat tekan Fret 3 tali 5 dan Fret 2 tali 4, sudah cocokkah suara melodi itu? Jika sudah maka tali 5 dan 4 sudah ok juga.

Memainkan Kunci-kunci Gitar (Chord/Kord)

Jika cara-cara yang sebelumnya sudah kita praktekkan dan benar-benar sudah cocok nada-nadanya, maka memainkan kunci-kunci gitar pun bisa dipastikan juga sudah pas(Harmonis) suaranya. Kalau masih ada yang kurang enak terdengar, cobalah sobat putar sedikit-sedikit lagi setelan tali itu.

Sebenarnya sangat banyak sekali cara agar kita bisa memastikan stem/setelan gitar kita benar-benar pas. Tetapi yang sudah saya jabarkan di atas mungkin bisa sedikit banyak membantu sobat yang mungkin kesulitan tuning gitarnya.

Sekian sedikit yang dapat saya sampaikan pada artikel ini, terus mencoba sob, semakin sering kita bersentuhan dengan gitar, maka semakin mahirlah kita dan mengerti dia :D. Jadi jangan sungkan bersentuhan dengan si Gitar sob halal kok haha. Terus belajar dan mencoba, lama-lama pasti bisa dan pasti sobat menemukan cara sendiri untuk memainkan/stem gitar dengan mudah. Terima kasih sudah mampir di sini dan menyempatkan diri membaca artikel ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar