Tips dan Cara Stem/Setel Tali Gitar Untuk Pemula dengan Mudah

Tips dan Cara Stem/Setel Tali Gitar Untuk Pemula dengan Mudah



Halo sobat pemusik sekalian, pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara stem/menyetel gitar dengan mudah. Tutorial yang akan saya bagikan di sini adalah berdasarkan dari pengalaman saya. Semoga karena tidak bersumber dari orang lain ini memudahkan sobat sekalian untuk menyetel gitarnya. Langsung saja, simak secara perlahan langkah-langkah berikut ini  :

Menyetel/tuning Gitar Mulai Dari Tali yang Tidak Mudah Putus

Mengapa menyetel gitar dari tali yang tidak mudah putus? Tujuannya ya agar tidak putus, haha. Jika sobat memulai stem gitar dari tali 1, mungkin beban tali 1 cukup berat untuk menarik gitar tersebut, untuk gitar-gitar yang tidak terlalu mahal mungkin akan sedikit membengkok (Mungkin tidak terlihat) jika kita tegangkan talinya, inilah yang menjadi beban dari tali 1 tersebut yang bisa mengakibatkan putus, karena setelan yang paling keras sudah pasti tali 1, apalagi kebanyakan kita pakai tali yang harga 1000 rupiah keatas :D (Termasuk saya).

Jika tali gitar yang sobat miliki dirasa sudah cukup bagus dan gitar juga bagus, tidak masalah mau stem tali mulai dari tali berapanya. Disini saya sarankan dari tali 4, 5 atau 6 saja karena frekuensi putusnya tali sangat kecil.

Stem/Setel Salah Satu Tali Untuk Dasar Penyetelan

Kita mulai dari menyetel dari satu tali terlebih dahulu, untuk dasar dari penyetelan semua tali. Sebaiknya kita setel langsung dengan nada standar E(Mi) agar menjadi standar setelan kebanyakan lagu, dan membuat gitar kita singkron/cocok dengan setelan gitar artis/gitaris kebanyakan. Baca artikel ini Cara Menyetel Gitar Sesuai Standar Lagu terlebih dahulu jika sobat ingin setelannya cocok dengan kunci gitar para artis.

Tujuan dari stem gitar menggunakan nada standar E ini juga agar, jika kita memulai dari tali 6 atau 5 bisa langsung membuat patokan sehingga setelan tali 1 nanti tidak akan berlebihan yang bisa berakibat putus. 

Jika tidak perlu menggunakan nada standar, sobat bisa langsung menegangkan salah satu tali, tetapi jangan terlalu tegang, asalkan bunyinya sudah bisa didengar enak alias tidak cempreng bisa kita jadikan patokan untuk semua tali.

Disarankan sobat mulai dari tali 6, jika sobat sudah menegangkan tali 6 untuk menjadi patokan stem, maka kita akan mulai menyetel semua tali.

Mulai Menyetel Semua Tali

Setel Tali 5

Setelah mendapatkan patokan dari salah satu tali, kita akan mulai menyetel semua tali. Misal tali yang sobat gunakan sebagai patokan tali 6, maka selanjutnya mulai tegangkan/stem tali 5. Sebelumnya letakkan jari tangan kiri sobat di tali 6 Fret 5 (Untuk bukan pemain kidal) sambil petik dan di waktu itu juga putar setelan tali 5 tadi sambil dipetik juga, putar perlahan sampai suaranya sama dengan tali 6 Fret 5 tadi (Tali lima tidak perlu ditekan Fretnya alias kosong).

Setel Tali 4

Pastikan suara tali 6 Fret 5 dan tali 5 sudah benar-benar sama, jika sudah maka kita lanjut ke tali 4. Menyetel tali 4 hampir sama seperti tali 5 tadi, bedanya kali ini arahkan jari sobat ke tali 5 Fret 5 kemudian cocokkan suaranya dengan tali 4 tanpa ditekan Fretnya (Kosong). Cocokkan suaranya, harus benar-benar sama ya sob.

Setel Tali 3

Jika tali 4 juga sudah disetel, lanjut ke tali tiga. Masih sama seperti tali 5 dan 4 tadi, langsung arahkan jari sobat ke tali 4 Fret 5 kemudian cocokkan suaranya dengan tali 3 tanpa ditekan(Kosong). Cocokkan hingga benar-benar mirip. Mungkin sobat ada sedikit kendala mencocokkan tali 4 dan 3 ini, karena bisa jadi tali 3 yang sobat gunakan tali stainless(Putih kilat itu loh), jadi suaranya agak beda. Tapi jika dirasa memang sudah mirip maka itulah dia.

Setel Tali 2

Setelah tali 3 tadi benar-benar cocok dengan tali 4 Fret 5, selanjutnya tali 2 yang kita kerjakan. Stem tali 2 benar-benar berbeda dari tali sebelumnya, kali ini arahkan jari sobat ke tali 3 Fret 4 (Beda kan sebelumnya kita pakai Fret 5 terus) kemudian samakan suaranya dengan tali 2 tanpa ditekan (Kosong). Sudah sama sob? lanjut kita ke tali yang terakhir.

Setel Tali 1

Tali yang nomor 1 ini sedikit agak sulit, bisa jadi putus jika tadi menyetel tali 6 nya terlalu tinggi dan bisa jadi juga terlalu kendor jika tali 6 tadi terlalu rendah. Tapi mending lebih kendor dari pada tegang pada kasus ini :D. Maka dari itu tadi saya sarankan untuk menyetel dengan nada standar pada awal tutorial ini yaitu untuk setidaknya mencegah terjadinya putus tali. Sumpah gak enak rasanya diputusin sob, sakit, mesti keluar rumah lagi buat beli haha.

Langsung saja arahkan jari sobat ke tali 2 Fret 5 sambil dipetik lalu cocokkan dengan suara tali satu tanpa ditekan fretnya. Jika harus lebih tinggi dan tinggi lagi sehingga sobat rasa terlalu tegang tali 1 ini dan khawatir bakal putus, lebih baik hentikan memutar setelan tali 1 sampai disitu sob!. kita kendorkan saja tali yang sebelum-sebelumnya. 

Jadi kita mulai lagi stem dari tali 2, “loh kok setel tali 2 lagi? Capek lah”, inilah akibatnya karena jika setelan kita ketinggian sob ya terpaksa mau tidak mau kita kurangi biar tidak putus tali satunya kan.

Selanjutnya lakukan hal yang sama seperti cara di atas tadi tekan Fret 5 tali 2 kemudian kendorkan tali 2 hingga suaranya cocok dengan tali 1 tanpa ditekan. Lakukan cara yang sama untuk tali 3(Ingat tali 3 berbeda Fret 4), 4, 5, dan 6.
Nah, itulah tutorial cara menyetel gitar yang saya dapatkan dari pengalaman hobi main gitar selama ini sob, semoga bisa bermanfaat dan memudahkan sobat belajar stem gitarnya dan mudah dimengerti. 

Terus mencoba sob, jangan terlalu takut putus talinya, coba dulu. Biasanya agar tidak mudah putus saya mengusap-usap semua tali dari ujung fret ke belakang, tips ini pernah saya dapatkan dari seorang teman. Hingga saat ini masih saya gunakan agar mengurangi kepanikan setel tali 1 biasanya :D. 

Untuk tutorial selanjutnya yaitu Memastikan Kecocokan Stem/Setelan Gitar Kita tutorial ini bisa menjadi referensi sobat untuk memantapkan setelan gitar yang tadi kita buat, silahkan dibaca-baca atau dipelajari juga sob. Sekian yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurang mohon maaf. Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan ini.

Share this

Related Posts

First