Cara Mencari Chord/Kunci Gitar Dari Suara Bass Lagu

Halo sobat pemusik sekalian, pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan artikel tentang bagaimana Cara mudah untuk mencari kunci gitar lagu dengan mendengarkan/melacak suara bassnya, yang nantinya saya bagikan di postingan ini adalah trik dari pengalaman saya sendiri dalam hobi bermain gitar selama ini. Baiklah langsung saja disimak cara-caranya berikut ini.

Buat Stem Standar Untuk Mendapatkan Kunci Gitar yang Asli

Jika stem/setelan gitar sobat sudah standar nada E=Mi, maka sobat bisa menggunakan metode mendengarkan suara bass lagu ini untuk mendapatkan kunci/kord gitar yang asli, walau mungkin tidak asli-asli kali tapi sudah sangat mendekati dengan yang digunakan artis/bandnya. Jika belum dan ingin mencoba kunjungi artikel Cara stem/menyetel gitar standar kebanyakan lagu.

Cara Mencari Kunci Gitar Dengan Mendengarkan Bass

  • Pertama sediakan lagu yang ingin kita cari kuncinya (Lagu di atas 3MB biar kualitas bassnya bagus) dan disarankan menggunakan headset/handsfree/speaker kuping/atau apalah nama lainnya untuk memudahkan kita mendengar suara bass lebih jelas.
  • Kemudian putarlah lagu itu dan dengarkan terus menerus suara bass-nya yang bunyinya “deng deng deng” itu sob. Sambil mendengarkan suara bass tadi mulailah jari-jari tangan kiri kita melacak posisi suara bass tadi pada fret gitar kita, cari suaranya disekitaran tali 6 dan 5. Cari nada yang bunyinya tenang/stabil, dan bukan pas perpindahan kunci. Jika sudah ketemu lokasi dari suara bass tadi, lihat gambar di bawah ini untuk mengetahui chord apakah pada posisi fret itu.
  • Jika sudah dapat chord yang tadi kita cari, lanjutkan ke chord selanjutnya di bagian-bagian lagu berikutnya. Lakukan dengan santai dan sabar sob, mungkin diawalnya sedikit menyebalkan harus mendengar lagu pada bagian yang sama terus-menerus, tapi semakin sering kita menggunakan metode ini, secara insting kita sudah bisa menentukan lokasi suara/nada bass itu dengan cepat. Bisa jadi sobat tertarik menjadi pemain bass karena sering menggunakan metode ini :D.
  • Biasanya untuk lagu-lagu yang simple/sederhana dan mudah didengar hanya sekitar 6 chord/kunci sob, jadi setelah dapat yang 6 kord tadi biasanya kord hanya berputar-putar disekitaran situ saja. Baca juga artikel Mengenal nada
  • Sabar dan terus mencoba, semakin sering kita main sama si gitar gak rugi kok, dijamin makin kuat feeling kita dalam menganalisa kunci gitar tadi, bahkan tanpa melacak bisa jadi tangan kita langsung dengan sendirinya dapat posisi kunci gitarnya.


Nah demikianlah artikel tentang cara mencari kunci gitar dari suara bass lagu, semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat dan memudahkan sobat dalam mendalami ilmu gitar. Terima kasih sudah menyaksikan alias membaca tulisan saya yang ribet ini hehe. Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan atau penjelasan yang saya berikan, Salam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »