Cara Stem/Setel Gitar Sesuai Standar Lagu

Cara Stem/Setel Gitar Sesuai Standar Lagu


Halo bro/sist gitaris sekalian, atau yang mau jadi gitaris, atau yang hobi main gitar saja (seperti Saya) hehe. Pada kesempatan ini Saya membuatkan artikel tentang cara menyetel gitar standar lagu. Mungkin diantara kawan sekalian ada yang belum bisa menyetel/stem/tuning gitar sesuai dengan standar lagu, jadinya untuk mengiringi musik, atau memainkan gitar sambil dengerin lagu jadi tidak nyambung dengan chord/kunci gitar yang digunakan atau kunci yang biasa di dapatkan dari internet, hal ini menyebabkan kita bisa mengakatan kunci gitar ini tidak nyambung tidak cocok, padahal setelan gitar kita yang tidak standar :D.

Menggunakan setelan standar juga membuat suara kita ketika menyanyi tidak akan terlalu tinggi, dan juga terlalu rendah, karena tinggi rendah nada sesuai dengan penyanyi aslinya. Baiklah kawan, langsung saja simak cara-caranya di bawah ini, pelan-pelan saja mahaminnya.

Nada Standar Untuk Menyetel/Stem Gitar

Sebelum kita menyetel gitar sesuai standar lagu tidak ada salahnya kita mengetahui mengapa dan atas dasar apa gitar itu di setel standar. Nada standar yang biasanya digunakan oleh kebanyakan lagu biasanya adalah nada dasar E = Mi, selengkapnya tentang nada baca artikel mengenal nada-nada. Mengapa E? karena mayoritas/kebanyakan lagu menggunakan nada dasar ini, jika tidak percaya boleh dicoba setelah selesai kita menyetel gitar nanti hehe. Terkadang beberapa lagu ada juga yang Saya temukan menggunakan nada dasar Eb/D# atau turun satu bar dari E.

Cara Menyetel/Stem Gitar Nada Standar

Baiklah begini cara menyetel gitar nada standar :

Tentukan Lagu

Pertama kita menentukan lagu yang akan digunakan sebagai bahan penyetelan gitar ini. Bisa pakai lagu yang kita sukai atau benar-benar kita pahami, diutamakan lagu yang nadanya sederhana dan terdengar jelas. Contoh lagu dengan kunci gitar mudah : Ungu – Demi Waktu, Kuburan – Lupa-Lupa Ingat, atau sesuai selera sobat saja. 

Dengarkan Suara Bass Lagu

Menyetel gitar bisa dimulai dengan hanya mendengarkan suara bass lagu tersebut. Misal contohnya lagu Ungu - Demi Waktu. Lagu ini dimulai dari nada C(Do) jadi arahkan jari telunjuk kita ke tali 5 Fret 3 untuk mendapatkan nada C, kemudian petik. Dengarkan lagu ini berulang-ulang pada nada C itu sampai kita mengingat suara bassnya, kemudian mulailah memutar setelan tali 5 itu sambil dipetik sampai cocok dengan suara bass yang kita dengarkan pada lagu tadi. 

Jika kalian tau lagu Peterpan - Mungkin Nanti (Nada dasar A) bisa juga dilanjutkan untuk memastikan setelan tali tadi sudah cocok atau tidaknya. Langsung saja petik tali 5 tanpa perlu menekan Fret, karena tali lima dasarnya (Tanpa ditekan) sudah bernada A dan lagu ini awalnya dimulai dari chord A. Jika dirasa sudah cocok berarti tali 5 kita sudah setelan standar lagu.

Jika satu tali saja sudah bisa kita rasakan cocok/mirip suaranya dengan nada dilagu barulah selanjutnya kita setel total seluruh tali gitar kita. Cara menyetel gitar baca : Cara menyetel gitar dengan mudah.

Mau Stem Gitar Mudah dan Cepat? Pakai Tuner Aja

Untuk kawan yang tidak mau kesulitan nyetel gitar standar, beli saja Tuner gitar harganya sekitar 50ribuan keatas kalau tidak salah, Saya sendiri belum pernah beli alat itu cuma lihat aja pernah.

Baiklah sekian pengalaman yang Saya dapatkan dari hobi bermain gitar selama ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kawan-kawan sekalian yang ingin menyetel/stem gitarnya dengan standar kebanyakan lagu, lebih kurangnya Saya mohon maaf. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »